Etika adalah sekumpulan nilai dan perilaku yang menurut orang orang adalah moral. Dengan kata lain etika adalah nama yang kita berikan untuk berbuat baik / bermoral. Berikut ini adalah tindakan yang diharapkan di tempat kerja dalam hal etika:
- Attendance. Mulai dan selesaikan pekerjaan sesuai espektasi. Gunakan waktu dengan baik. Prosentase kehadiran minimal 90% atau lebih. Sebelum bekerja siapkan peralatan yang dibutuhkan.
- Karakter. Bersiksplah jujur di tempat kerja. Tunjukan jika diri adalah orang yang loyal, dapat diandalkan, dan disiplin.
- Loyal. Bisa menjaga rahasia perusahaan. Dengan bersikap loyal kita bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan.
- Kejujuran. Kejujuran sangat bernilai di suatu pekerjaan.
- Sikap bisa dioercaya. Higher trust = higher pay.
- Inisiatif. Mampu melakukan sesuatu melebihi pekerjaan yang sudah ada.
- Disiplin dan bertanggung jawab. Jika anda disiplin maka anda sudah mampu bertanggung jawab.
- Kerjasama. Mampu bekerja dengan orang lain agar mendapatkan hasil yang lebih baik
- Penampilan. Penampilan mampu mempengaruhi produktifitas kita dalam bekerja.
- Sikap. Mampu menunjukkan sikap yang positif di tempat kerja.
- Produktifitas. Mampu menganalisa pekerjaan yang diberikan. Mengikuti petunjuk yang ada.
- Kemampuan berorganisasi. Mampu menggunakan waktu secara efektif.
- Komunikasi. Mampu mendengarkan orang lain dengan baik.
- Kooperasi. Mampu menunjukan cara menyelesaikan masalah dengan baik.
- Respect. Bisa menghargai satu sama lain. Dengan begitu kita juga akan dihargai orang lain.
Kita harus menjaga sikap kita dimanapun kita berada. Kita harus mampu menunjukkan sikap-sikap positif dalam kehidupan kita sehari-hari.
No comments:
Post a Comment